Posted by : boim gerald Rabu, 23 November 2011

Pengertian Hard Disk

Hard Disk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnet. Hard Disk dalam bahasa Indonesia berarti cakram keras. Hard disk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Hard disk pertama tersebut terdiri dari 50 piringan yang berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. hard disk jaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Sampai saat ini, kapasitas terbesar hard disk sudah mencapai 3 TB (Terra Byte) dengan ukuran 3,5 inci.

Jika dibuka atau di bongkar, maka akan terlihat mata hard disk pada ujung lengan bertuas yang menempel pada piringan yang dapat berputar.
Data yang disimpan dalam hard disk tidak akan hilang jika tidak ada listrik. Dalam hard disk biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
Dalam perkembangannya, kini hard disk secara fisik semakin tipis dan kecil tetapi memiliki daya tampung data yang sangat besar. Hard disk juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire.

Hard disk atau bisa disebut juga hard drive, fixed disk, HDD adalah media yang digunakan untuk menyimpan file sistem dan data dalam komputer. Hard disk terdiri atas tiga bagian utama, yaitu piringan magnetik, bagian mekanis, serta head untuk membaca data. Piringan tersebut digunakan untuk menyimpan data, sedangkan bagian mekanis bertugas memutar piringan tersebut.



Jenis hard disk bermacam-macam, tergantung pada kategori yang digunakan. Misalnya, berdasarkan jenis interface-nya, tingkat kece¬patan transfer data, serta kapasitas penyimpanan data.

Jenis interface yang terdapat pada hard disk bermacam-macam, yaitu ATA (IDE, EIDE), Serial ATA (SATA), SCSI (Small Computer System Interface), SAS, IEEE 1394, USB, dan Fibre Channel. Jenis interface menentukan tingkat data rate atau kecepatan transfer data. Misalnya, hard disk SCSI memiliki kecepatan transfer ± 5 MHz, artinya mampu melakuan transfer data hingga 5 Mb per detik.

Di antara sekian banyak jenis interface, hanya tiga jenis hard disk yang sering digunakan, yaitu IDE, SATA, dan SCSI. Hard disk SCSI biasanya banyak digunakan pada server, workstation, dan komputer Apple Macintosh mulai pertengahan tahun 1990-an hingga sekarang. Sedangkan hard disk yang banyak digunakan pada komputer personal (PC) adalah jenis SATA.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Mengenai Saya

Foto saya
jakarta, bengkulu, Indonesia
-

liat blog saya

Popular Post

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Bomy fitzgerald -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by -